Keliling Pulau dengan Kapal Pribadi di Belitung

Halo yang di sana, cerita ini merupakan kelanjutan dari cerita perjalanan Solo Trip di Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi bagian kedua dari enam cerita keseluruhan. Cerita sebelumnya bisa kamu lihat di http://blog.dpdelly.id/damainya-sijuk/ . Jadi, disarankan untuk membaca terlebih dahulu cerita sebelumnya ya.

Hari kedua di Belitung sudah saya jadwalkan untuk melakukan Island HoppingΒ  yang akan dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang, kegiatan ini merupakan salah satu highlights dari wisata alam di Belitung jadi, untuk kamu yang mau ke Belitung sangat disarankan untuk menyiapkan waktu satu hari untuk full Island Hopping.

Pada malam sebelumnya saya memberi tahu Ibu Homestay bahwa saya mau main ke pulau besok, kemudian Ibu menawarkan untuk memakai jasa saudaranya yang mempunyai kapal untuk keliling pulau dan saya diminta untuk ngobrol-ngobrol dulu terkait harga jasanya besok juga. Sewa kapal ini memang tidak saya pesan jauh-jauh hari seperti sewa motor maupun sewa kamar karena rencananya mau cari langsung di Belitung saja pas hari H.

Rabu, 21 Februari 2018. Sekitar pukul 05:30 WIB saya langsung keluar Homestay dan menuju Pantai Batu Banyak lagi untuk melihat matahari terbit. Cuaca pagi itu agak mendung dan berawan, keadaan di tepi pantai banyak perahu yang berlabuh dan rumput laut banyak yang terdampar di pasir. Cahaya matahari yang bersembunyi di balik awan perlahan-lahan terlihat menandakan saatnya pulang ke Homestay untuk sarapan. Hahaha.

Parkiran Perahu di Pantai Batu Banyak

Matahari Masih Sembunyi

Ini pertanda dimana harus pulang untuk sarapan

Sampai di Homestay sekitar pukul 07:00 WIB dan sudah disiapkan sarapan Nasi Goreng oleh Ibu. Sarapan sambil ngobrol dengan Pak Murad, saudara dari Ibu yang menyediakan jasa sewa kapal untuk Island Hopping. Pak Murad menawarkan saya untuk gabung dengan rombongan yang akan dia bawa keliling pulau juga hari itu dan cukup bayar setengah harga dari harga normal jika saya sewa satu kapal sendiri. Tadinya sempet mau aja sampai saya tahu bahwa rombongan yang akan dibawa oleh Pak Murad itu sebanyak 28 orang, langsung shock!

Setelah shock tersebut akhirnya, saya setuju untuk menyewa satu kapal untuk saya sendiri, hahaha berasa naik kapal pribadi kalau seperti ini. Dengan harga Rp. 400.000 saya dapat 1 kapal dengan maksimal penumpang 10 orang.

Harga sewa 1 kapal yang paling murah memang di angka Rp. 400.000 yang saya tahu karena sebelumnya saya sudah riset kecil-kecilan di internet dari harga agen travel sampai ulasan di blog orang-orang yang pernah sewa kapal di Belitung. Kalau yang lebih mahal sih banyak ya, makanya kalau ada yang pernah dapet harga dibawah Rp. 400.000 untuk sewa 1 kapal silahkan komentar ya.

Setelah deal dengan Pak Murad, saya siap-siap perbekalan untuk dibawa saat keliling pulau seperti sunscreen/sunblock, makanan ringan, handuk, kacamata hitam dan bekal makan siang. Bekal makan siang saya dibungkusin sama Ibu dengan lauk Ayam Kecap dan ini gratisss. Alhamdulillah. Setelah semua siap, saya menunggu Pak Halim yang akan menjadi pengemudi kapal sekaligus guide saya.

Sekitar pukul 08:00 WIB saya berangkat dari Homestay ke Pantai Tanjung Kelayang bersama dengan Pak Halim. Sampai di Pantai langsung parkir motor dan menunggu Pak Halim menepikan kapalnya. Pagi hari itu masih belum banyak yang berangkat keliling pulau jadi suasananya masih sangat tenang di tempat-tempat tujuan. Sangat disarankan untuk berangkat di bawah jam 9 pagi untuk memulai keliling pulau karena selain masih sepi, ombak juga masih tenang.

Pagi di Pantai Tanjung Kelayang

Ayo berangkat melaut!

Tujuan pertama adalah Pulau Batu Berlayar. Pak Halim bilang, jika air laut sedang pasang batu-batu granit di pulau ini akan terlihat berlayar makanya pulaunya disebut Batu Berlayar. Pulau ini memang tidak terlalu luas namun itu tidak mengurangi kecantikannya. Batu-batu granit besar yang mengelilingi pulau ini, pasir putih dan ombak yang kecil menjadikan pulau ini tempat yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja.

Pulau Batu Berlayar Dilihat dari Kapal

Parkir kapal dulu

Suasana Pulau Batu Berlayar

Puas foto-foto di Pulau Batu Berlayar, saya melanjutkan perjalanan ke Pulau Lengkuas yang merupakan tujuan utama saya. Pulau Lengkuas ini merupakan tempat yang harus banget kamu singgahi kalau keliling pulau karena pulau ini seperti paket lengkap suasananya. Selain banyaknya batu granit, pasir putih dan air yang jernih, Pulau Lengkuas mempunyai mercusuar tua yang dibangun pada masa kolonial Belanda di tahun 1882. Objek tersebut akan menjadikan foto kamu lebih ciamik!

Menuju Pulau Lengkuas

Selamat datang di Pulau Lengkuas

Sesampainya di Pulau Lengkuas, Pak Halim mengajak saya untuk mengambil gambar di sisi kanan pulau (dari kapal berlabuh). Di sisi tersebut banyak batu-batu granit dengan berbagai bentuk, ada yang mirip lumba-lumba maupun kura-kura. Entahlah bagaimana kebentuknya.

Ciamik!

Batu di depan mirip kura-kura dan batu di belakangnya itu mirip lumba-lumba (?)

Mercusuar lagi

Selesai melihat-lihat sisi kanan pulau, saya lanjut masuk ke dalam pulau. Suasana teduh banget dengan banyaknya pohon kelapa yang ada di sekeliling pulau dan ada warung yang menjual makanan dan minuman. Cocok banget minum Es Kelapa di pulau ya. Begini suasananya di sekitar Pulau Lengkuas, banyak banget spot cakep untuk foto-foto cantik. Mohon maap nih kalo bikin ngiler.

Small Paradise

Saya dapat info dari Pak Halim kalau saat ini sudah tidak bisa naik ke mercusuar namun saya liat beberapa turis ada yang masuk ke lingkungan mercusuar jadi, saya coba tanya petugas yang ada di sana apakah bisa naik mercusuar, petugasnya bilang boleh dengan syarat alas kaki dilepas dan kaki dibersihkan dari pasir. Saat itu udah seneng banget bisa masuk mercusuar dan udah gak sabar mau melihat Pulau Lengkuas dari ketinggian.

Diawali dengan membuka pintu masuk mercusuar, saya masuk ke dalam dengan perasaan senang tapi perlahan-lahan ngeri juga nih karena di mercusuar itu saya sendiri dan tiap langkah yang dibuat akan menimbulkan gaung yang cukup besar sehingga muncul pikiran macem-macem hahaha.

Pintu Masuk Mercusuar

Mercusuar ini mempunyai 12 lantai yang di setiap lantainya ada jendela untuk melihat pemandangan yang bisa dijadikan waktu istirahat di tiap lantainya. Di setiap lantai mercusuar, suasananya hampir sama semua.

Suasana lantai 1

Naik ke lantai-lantai berikutnya suasanya sama aja kira-kira seperti ini di setiap lantai :

Suasana di Setiap Lantai Mercusuar

Pemandangan dari Lantai 4 atau 5 (lupa)

Lagi semangat-semangatnya naik tangga mercusuar, saat itu saya mau naik ke lantai 5 atau 6 gitu. Tiba-tiba kepala terbentur semacam pagar yang menghubungkan antar lantai mercusuar dengan keras, sepertinya suara gaungnya bisa terdengar sampai luar. Sakit bgt, man! Ah, di sini jadi inget kata Pak Halim, mungkin ini maksud sebelumnya, sudah tidak bisa menuju lantai atas mercusuar. Kalau ada yang bisa naik menuju lantai atas mercusuar akhir-akhir ini silahkan komentar ya.

Sial

Setelah meredakan rasa sakit dan gaung yang ada, saya segera turun dari mercusuar dan keluar, tidak lupa tersenyum dan bilang terima kasih kepada penjaga seolah tidak terjadi apa-apa di dalam sana.

Petugas : “Sudah selesai bang, kok cepet?”
Saya : “Sudah Pak, terima kasih yaaa.” *langsung jalan cepat*

Setelah lumayan cukup lama berada di Pulau Lengkuas dan orang-orang mulai banyak yang berdatangan ke Pulau maka, saya mengajak Pak Halim untuk melanjutkan perjalanan ke spot snorkeling. Ada dua tempat snorkeling yang ditawarkan oleh Pak Halim. Pertama, ada di dekat Pulau Lengkuas dan kedua, ada di dekat Pulau Kepayang.

Siap-siap berlayar kembali

Lokasi snorkeling dekat Pulau Lengkuas

Di spot snorkeling yang pertama ini banyak banget ikannya dan karangnya juga bagus. Sayangnya saya tidak membawa kamera underwater pada saat itu, jadi cuma ini yang bisa saya gambarkan selama snorkeling. Ini juga didokumentasikan melalui ponsel Pak Halim.

Dengan berbekal biskuit ikan-ikan langsung ngumpul ke permukaan, jika kamu keliling di sekitar situ maka ikan-ikan akan mengikuti kamu. Salah satu tempat wajib untuk snorkeling ini.

Ikan berkumpul di depan mata saya

Snorkeling like a boss in private island with private boat.

Puas snorkeling di deket Pulau Lengkuas, saya melanjutkan perjalanan ke spot snorkeling kedua yaitu dekat Pulau Kepayang. Pulau Kepayang ini merupakan pulau yang ada restorannya jadi pulau ini bisa jadi tempat kamu singgah untuk makan siang jika tidak membawa bekal, yang pasti harga pasti lebih mahal ya. Dikarenakan saya sudah bawa bekal, jadi saya memutuskan untuk tidak mampir ke daratannya, hanya snorkeling di sekitar Pulau Kepayang.

Setelah puas melihat karang dan puluhan ikan-ikan mengelilingi saya, saya snorkeling atau lebih tepatnya berenang di air yang hijau itu. Karang di sekitar Pulau Kepayang juga tidak kalah bagusnya namun ikannya lebih sedikit jadi, saya keliling aja di sekitar laut yang airnya jernih banget. Di sini tidak sempat ambil dokumentasi foto namun sempet ambil Instastory.

Menuju tempat snorkling kedua

Puas berenang-renang, saya lanjut untuk ke tempat terakhir yaitu Pulau Kelayang. Di tengah perjalanan tiba-tiba Pak Halim turun kapal dan menemukan bintang laut. Oh ya, bintang laut ini hanya di permukaan sebentar aja kok jadi setelah difoto langsung di kembalikan ke laut. Tiba di Pulau Kelayang saya langsung santai-santai dengan makan siang ditemani satu buah kelapa muda.

Bintang laut yang ditemukan Pak Halim

Selamat datang di Pulau Kelayang

Hidup ini indah

Setelah makan siang selesai, dilanjutkan menuju Goa Kelayang di pulau tersebut. Sebenarnya Goa ini terbentuk dari dua atau lebih batu granit besar yang saling menempel sehingga terlihat seperti Goa. Perjalanan menuju Goa Kelayang dilakukan dengan berjalan kaki dari tepi pantai ke dalam hutan santai sekitar 5 – 10 menit saja. Jalannya sangat jelas jadi kemungkinan nyasar kecil sekali apalagi pulaunya memang ngga besar-besar banget.

Pemandangan Goa Kelayang

Pemandangan di sekitar Pulau Kelayang pun tidak kalah cantik dengan goa-nya, jadi setelah keluar dari goa, kamu akan sampai di sisi lain Pulau Kelayang dengan pemandangan Pulau Batu Garuda. Posisi Pulau Kelayang yang dekat dengan daratan menjadikan Pulau ini yang biasanya menjadi destinasi penutup kegiatan Island Hopping.

Jadi, setelah dari Pulau Kelayang saya sempat berhenti di dekat Pulau Batu Garuda untuk sekedar memotret batu-batu granit yang mirip dengan kepala burung garuda. Setelah itu berakhirlah sudah Island Hopping bersama Pak Halim, sekitar pukul 15:30 WIB saya sudah sampai di Pantai Tanjung Kelayang lagi.

Di sekitar Pulau Kelayang

Pulau Batu Garuda

Selepas dari Pantai Tanjung Kelayang saya langsung menuju Homestay untuk mandi, ini salah satu keuntungan penginapan di sekitar Pantai Tanjung Kelayang jadinya ngga usah bawa baju ganti saat Island Hopping karena untuk mandinya deket banget. Selesai mandi dilanjutkan dengan makan bakso podomoro di sekitar Homestay dan isi bensin persiapan road trip ke Belitung Timur esok harinya.

Begitulah hari kedua saya di Belitung, Apakah kamu jadi mau berkunjung ke Belitung? Udah langsung aja tetapkan jadwalnya lah dan nabung, ngga akan nyesel banget deh. Jadi, sampai di sini dulu cerita hari kedua di Belitung. Nantikan cerita selanjutnya mengenai road trip ke Belitung Timur ya. See you…


Catatan :

    • Kontak Pak Murad saya ngga ada tapi bisa ditanyakan ke Bang Padli (+62 819-4912-0114)
    • Bisa juga langsung kontak Pak Halim, beliau punya instagram juga :
      IG : @sahabatbelitung527
      HP / WA : +62 878 – 9641 – 1587 / +62 831-7588-3880
    • Tidak ada biaya masuk ke pulau-pulau tersebut kecuali jika kamu mau ke Pulau Kepayang ada biaya Rp. 25.000 untuk welcome drink dan duduk-duduk di sekitar restauran. Jika tidak berniat makan atau duduk-duduk di restauran di sana maka tidak bayar welcome drink. Begitu Pak Halim bilang.
    • Destinasi pulau yang dikunjungi tergantung cuaca dan ombak ya. Jadi bisa saja, kamu ngga akan sampai di Pulau Lengkuas kalau ombaknya sedang besar. Kalau di kasus saya, saya tidak bisa mampir ke Pulau Pasir karena airnya masih tinggi saat itu.
  • Ringkasan Destinasi Hari ke-2 : Pantai Batu Banyak, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, Snorkeling Pulau Lengkuas, Snorkeling Pulau Kepayang, Pulau Kelayang, Goa Gelayang, Pulau Batu Garuda.

Catatan Keuangan Hari ke-2 :

  • Makanan ringan untuk di kapal : Rp. 13.000
  • Sewa kapal : Rp. 400.000
  • Kelapa Muda : Rp. 25.000
  • Bensin eceran 1 liter : Rp. 8000
  • Bakso + Es Teh Tawar : Rp. 18.000
  • Makanan ringan malam hari : Rp. 12.000
  • TOTAL : Rp. 476.000

45 thoughts on “Keliling Pulau dengan Kapal Pribadi di Belitung

  1. Salam.. mw tanya waktu di belitung timur nyebrang ke pulau memperak kah? Klo iya berapa harga sewa kapal nelayan. Anyway nice picts & story!

    1. Halo, mohon maaf baru dibalas, entah kenapa tidak masuk ke email komentarnya. Waktu di Belitung Timur belum sampai ke Pulau Memperak Mba jadi belum tau info sewa kapal nya. Anyway, terima kasih sudah berkunjung.

  2. Hi ka,

    mau tanya untuk penyewaan kapal nya kak.. awalnya cek dari link mana kak ?
    aku cb cari IG nya namun tidak di temukan kak.

    Thanks

  3. Infonya ok banget kak… sebelum kesana kontak bang halim @sahabatbelitung527 untuk sewa perahu dan puas banget harga sewanya murah untuk sekeluarga ber4, perahunya bagus, orangnya ramah banget, merangkap pemandu dan juru foto (hasil fotonya bagus”). Thanx kak bermanfaat sekali infonya

  4. seruuu yaa…sy jg keliling belitung ditemani bang galang @sahabatbelitung527
    jd pengen ke belitung lg

  5. Pak halim alias pak galang gak akan mengecewakan kalian , kalian berasa dapet paket hemat, sewa perahu tp dapetnya tour guide, juru foto handal, teman cerita yang enak, pokoknya pak halim the best, semoga pak halim sehat selalu biar kalo saya kesana lagi bisa sewa perahu ke beliau haha ,

  6. Recomended nih liburan dipulau Belitung dan hooping island nya,,, πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ» 😊😊😊
    Saya dari Bogor Jawa barat, sudah 3x berkunjung dan liburan ke pulau Belitung, sangat puas dan ingin terus eksplore pulau Belitung. 😁

  7. Saya dari Bengkulu pernah tour bareng pak halim alias bang galang ini. Tidak akan mengecewakan. Mantaaaap!

  8. Info ini bener2 sangat membantu…. Saya liburan hopping island pake bantuan abang Halim….keren..manthap…orangnya ramah…jago moto dan pinter ambil angel…gak nyesel deh

  9. Nice Pict, oh iya untuk pak halim ini kasih bintang 5 deh. Orangnya ramah, harga sudah termurah, foto2 hasil jepretan nya pun hak kalah am potografer prof mantap deh. Rekomendasi banget

  10. Sangat mantap sekali hopping island di belitung, apalagi di pandu sama nahkoda berpengalaman seperti bang galang, semoga ada rejeki dan waktu lagi agar bisa berangkat ke belitung lagi, apabila ada yang ingin hopping island puas pelayanan dan harga miring cek aja instagram @sahabatbelitung ayooo buat indonesia terkenal di mata dunia!!

  11. Januari 2019 laluu aku trip ke belitung tanpa tour juga dan sewa kapalnya sama bang halim, enak deeeh seru island hoppingnyaaa dan beneran fullservicee! walaupun cuma bertiga, kapalnya besar, pemandu asik abis, +bisa jadi fotografer pribadi! terpercayaaa #honestreview

  12. Sangat recommend.. abang nya ramah banget
    the first time ke belitung untuk honeymoon, di bawa keliling pulau-pulau kecil disana yg sangat keren & indah
    bisa di fotoin juga sama abang galang selama perjalanan di kapal & di pulau
    ga nyesel..!!! makasi @sahabatbelitung527 sudah buat honeymoon kami di belitung jadi best moment

  13. Trip bareng temen, dadakan tp asyik.
    Ga nyangka bs keliling pulau belitong yg MasyaAllah sangat sangat indah.. Dan di tambah lagi dpt guide yg luar biasa sprt bang Halim, gile smua dpt d handle dgn ok sendirian di tambah bs bantu jd fotografer.. Hasil fotografernya wooww luar biasa keren bintang 5 deh, pokoknya recomanded.. Follow aja ig nya @sahabatbelitung527 πŸ˜€πŸ˜‰

  14. Just for sharing aja
    Pengalaman luar biasa trip belitung, hari pertama wisata darat ke object wisata budaya yg umumnya berada di belitung Timur seperti replika sekolah laskar pelangi, museum kata andrea hirata, klenteng dewi kwan im sebaiknya menggunakan mobil karna perjalanan lumayan jauh tapi keadaan jalannya bagus bgt berasa tol jawa lancar mulus ( kontak mobil pak Risyanto : +62 812-7383-0323)
    Hari kedua : sangat luar biasa keliling pulau berasa punya pulau pribadi dan boat pribadi diantarkan oleh Bang Galang, orangnya super ramah, baik, sabar bgt, helping bgt, dan yg paling penting tahu dimana spot foto terbaik dan ngarahin gaya bak foto model, hehehe, ini kontaknya ngga akan nyesel gunakan jasa beliau untur tour keliling pulau ( Bang Galang ; +62 831-7588-3880) dan follow ig nya di @sahabatbelitung527.
    Thx God for wonderful holiday, thx belitung for your hospitality and beauty, thx bang galang become our best photographer

  15. Trip ke Belitung tanpa pake tour guide, cukup kontak bang Galang aja, sekalian sewa kapal buat hopping island, yakin ga bakal nyesel dehh, selain bisa jadi guide, dan selain bisa memperkenalkan view yg indah menawan, bang Galang Juga bisa jd fhotografer handle, jd momennya bisa di Dokumentasi kan gaesss 😊😊…

    Follow ig nya @sahabatbelitung527
    Happy Holiday ☺️☺️

  16. Jalan ke belitung waktu itu sama Bang GALANG SERU ASIK BANGET!!! selain jadi penyedia jasa sewa kapal, bang galang jugaa HANDAL BANGET JADI PHOTOGRAPHER nya, dia peka banget kalau kita mau foto, gausah minta langsung ditawarin dan pastinya di spot spot yg bagus banget! Dan yg terpenting RAMAH ABIS! MANTAP POL banget deh sama bang galang , follow aja ig nya @sahabatbelitung527

  17. Jalan ke belitung waktu itu sama Bang GALANG SERU ASIK BANGET!!! selain jadi penyedia jasa sewa kapal, bang galang jugaa HANDAL BANGET JADI PHOTOGRAPHER nya, dia peka banget kalau kita mau foto, gausah minta langsung ditawarin dan pastinya di spot spot yg bagus banget! Dan yg terpenting RAMAH ABIS! MANTAP POL banget deh sama bang galang , follow aja ig nya @sahabatbelitung527 !!!

  18. Hai temen’ traveller ~
    Aku mau share sedikit soal pengalaman aku liburan di belitung sama adik’ + sodara ku ..
    Menurut aku trip ke pulau paling seru , karna pelayanan guide nya ramah banget , diajak ngobrol terus sama guide nya jdi ga boring . Terus temen’ juga ga usah takut kalo naik kapal ke pulau’ bawa tas bingung nitip nya , ga ilang kok barang nya πŸ˜‹

    Uda gitu trip nya aman banget
    Aku terbilang agak takut berenang di laut karna dalem wkwkw , tapi jangan takut mereka nyedian jaket khusus renang jdi ga bakal tenggelam .. jadi aman kok πŸ‘

    Next kalo ke belitung aku mau ke pulau lagi ~
    Cekidot > @sahabatbelitung527
    BUAT PAK GALANG MAKASI YAA BUAT TRIP KEMARIN … πŸ™πŸ™πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  19. *Sumpah ini bener2 recomended ga perez , trip yg menyenangkan ga bikin kantong kecekek , pokoknya bener2 mantap dah ga bakalan nyesel kalo pake trip ini, ga cuma nge guide lu lu orang selama hoping island tapi bisa juga jadi fotografer yg ga kalah keren nya sama fotografer proffesional lah , pokoknya mantap lah pake trip ini dijamin ga bakalan nyesel*

  20. Mantap lah emang hoping island sama bang galang ini, Bintang 5 lah servicenya ⭐⭐⭐⭐⭐.
    Bisa request di fotoin , jago juga motretnya, harga terjangkau, muter muter seharian juga ayooo. Recomended bangeeett πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  21. waktu itu ke belitung dan hopping island nya di guide-in bang Galang. instagram nya @sahabatbelitung527 sumpah recommended bgtttt. kenapa recommended? karna murah bgtttt tapi servicenya good bgt!

  22. Jlan2 ke belitung ditemenin sma sahabat belitung (bang galang) sngat memuaskan jasanya. Diajak eksplore laut yg luar biasa indahnya, jd bangga bs jlan2 ke belitung dan eksplore lautny. Wlopun sndrian, apa aj bs di bantu baik dr foto, cri spot foto yg bgs dan menarik, kesesuaian waktu nya jg ok. Apalg fleksibekitasnya ok bangt. Klo ada tbungan lbh mau bngt knjungin yg blm trkunjungi di belitong..yuuks follow aj dlu IGnya @sahabatbelitung527 biar bs knalan dlu dan tny2.. #banggaindonesia #kayaalamindonesia

  23. Ini dia Family trip yang santai dan menyenangkan. Pantainya bersih banget bagus untuk spot foto apalagi pak galang tau tempat2 yg bagus di jadikan tempat foto.
    Jatuh cinta pada pandangan pertama sama belitung, semoga bisa trip ke 2, ke 3 kali bahkan lebih.
    jangan lupa kontak pak galang, sangat membantu sekali

  24. Trip bareng suami yang selalu dadakan, H-1 minggu baru beli tiket dan booking hotel. alhasil pesan kapal di hopping island dan leebong island onthe spot.
    karena malemnya sempet Baca2 blog ini, langsung hubungin pak galang dan Fast respon. Paginya langsung janjian dan berangkat.
    pak galang juga tau spot foto yang bagus, jadi berasa bawa photografer sendiri hehe

    Jatuh cinta sama semua yg ada di belitung, orang2 nya, pantainya, makanannya. nex semoga bisa kembali kesini

  25. Tahun lalu aku trip ke belitungdg keluarga dan tanoa tanpa tour, sewa kapalnya sama bang halim, seru bgd island hoppingnyaaa bang halim jg pinter bgd motoπŸ‘Œrecomended bgd sewa perahu sama dy .thanks @sahabatbelitung527

  26. Pernah kesini dan ketagihan bangeeett mau lagiiii tim @sahabatbelitung527 gawl gawl bangeett ngambil foto pun ciamikkk pake hp aja rasa kamera mahall ramah dan merekomendasikan tempat2 seruuuu, sukses teruuss tunggu aku datang lagi yaaaπŸ˜†

  27. Recommended dehh bang galang .. kemaren kita jg 3 couple ke belitung di temenin sm abang kece ini , dari sabarnya minta ampun sampe ambil spot foto yang oke πŸ‘πŸ½ .. next time kl ada kesempatan mau kesana lagi ahhh πŸ™πŸ»β˜ΊοΈ

  28. Aduhh belitungg itu kota wisata yang gw pengen balik terus….tempat wisata banyak. Kuliner enak2 bgt dan semua sudut kota maupun desa bersih2 banget… Ooh yah gw pernah seharian ngiterin pulau dari lengkuas, mercusuar batu belayar, goa kelayang, dll puas bgt sampe banyak nya pe lupa namanya hahaha.. Yang gw inget abang nya.. Bang halim he is so nice person ” putra belitung” pokoknya 10 jempol buat belitung dan cafe coffee nya sama es jeruk kunci nyaaaa.. Dan orang2 nya yang baik dan ramah πŸ’–πŸ’–πŸ’– pokok nyaa haruss datang ke Belitung πŸ‘πŸ‘

  29. Bener2 rekomendasi yang bagus, saya kebetulan udah pake jasa kapal nya juga, orang nya asik dan jago motoin sama ngarahin gaya

  30. Assalamualaikum… Hallo… Klo ngomongin tmpt nie sii pst pngn balik lg.. Apalagi ada kapten nahkoda yg siap mengantar… Bang halim org nya asik,ramah,kocak, yg pst jago bgt motoin n hsil jepretannya wowww ciamikkk..alus pisan euyy.. Pkknya is the best lah.. Ga bakal nyesellll.. Sehat sll bg halim.. Mantullll.. RECOMENDED BGT..!!!

  31. Recommended bgt untuk sewa kapal pny bang Halim @sahabatbelitung527 , udah murah, orangnya ramah, bisa jd guide juga, fotografer juga (hasil fotonya pun maa syaa Allah bagus2).. pokoknya paket lengkap lah klo sama bang Halim tuhh.. TOP Markotop laaahh..

  32. Gileeek puas banget di guide-in sama bang halim alias bang galang 🀭🀭 kocak abis, selama trip keliling belitung gag bosen, kemana aja kita mau dianter. Dokumentasi foto gag perlu takut bang galang tau spot yang bagus dan jago motoin juga .. berasa punya fotografer pribadi 🀭
    Terimakasih @sahabatbelitung527 (IGnya)
    Semoga sukses selalu ya ..

  33. October 2018 kemarin saya Kontak Bang Halim juga untuk keliling pulau, nemu kontak detailsnya disini. Saya trip berdua, jd kapalnya lumayan gede buat berdua doank. Bang halim selain jadi kapten jd guide dan fotografer juga, paket 3 in 1. Keliling pulau seharian, sepuasnya kita pokoknya. Mantaplah Bang Halim 🀠

  34. Akhir tahun lalu ke belitung juga pakai jasa pak halim nih…
    Mantepp bgt lah. Seharian bener2 di guide-in hopping island.
    Someday pasti akan balik lg ke belitung😍😍 dan ketemu pak halim ngobrol diatas batu pantai tanjung tinggi liat sunset😍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.